Home / Prosedur Pendaftaran Sebagai Peserta BPJS Kesehatan

Prosedur Pendaftaran Sebagai Peserta BPJS Kesehatan

(klik gambar untuk memperbesar)

Unit Kerja:

  1. Pegawai mengisi Formulir Pendaftaran Peserta / Penambahan tanggungan & melengkapi dokumen pendukung yang diperlukan*;
  2. Formulir yang telah diisi & ditandatangani, beserta dokumen pendukung diserahkan kepada bag. Kepegawaian Unit agar ditindaklanjuti;
  3. Kepegawaian Unit membuat surat pengantar pendaftaran kepesertaan yang ditandatangani oleh Pimpinan Unit:
  4. Mengirimkan surat pendaftaran kepesertaan yang dilampiri dengan Formulir Kepesertaan yang telah diisi oleh pegawai yang bersangkutan beserta dokumen pendukungnya ke Biro Pengembangan Modal Insani.

          (unduh formulir pendaftaran BPJS Kesehatan bagi Pegawai)

          (unduh formulir pendaftaran BPJS Kesehatan bagi Tanggungan)

         (unduh Surat Pernyataan Tidak Bekerja/Berpenghasilan) 

         (Periode untuk pendaftaran atau mutasi yaitu setiap tanggal 1 s.d 10 tiap bulannya).

*) Keterangan :

  • Dokumen pendukung yang harus dilampirkan, yaitu :
  1. Fc. E- Kartu Keluarga;
  2. Fc. E- KTP (pegawai dan tanggungan);
  3. Fc. Kartu BPJS Kesehatan (bagi yang sebelumnya sudah memiliki Kartu BPJS Kesehatan);
  4. Surat Pernyataan Tidak Bekerja / Berpenghasilan (bagi pasangan).
  • Untuk Pasangan dan tanggungan yang akan didaftarkan harus tertera dalam 1 (satu) kartu keluarga yang sama;
  • Bagi Pasangan / tanggungan yang sudah bekerja sebaiknya didaftarkan melalui institusi/tempat kerja masing masing (tidak melalui UNPAR); (Peraturan Pengurus Yayasan No.3 Tahun 2017)
  • Tanggungan khususnya anak dengan usia  21 tahun  sampai usia 25 tahun, harus melampirkan surat keterangan masih menempuh pendidikan formal (Strata 1) & belum menikah serta belum memiliki penghasilan sendiri.
  • Untuk memilih Fasilitas Kesehatan 1 (satu) dapat dilihat melalui situs resmi BPJS Kesehatan http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/

Biro Pengembangan Modal Insani:

  1. Biro Pengembangan Modal Insani menerima surat dari Pimpinan Unit kerja terkait perihal pendaftaran kepesertaan BPJS Kesehatan beserta Formulir Kepesertaan BPJS dan dokumen pendukungnya;
  2. Melakukan verifikasi berkas pegawai yang akan didaftarkan serta dokumen pendukung yang dilampirkan;
  3. Jika telah sesuai, berdasarkan Formulir Kepesertaan tersebut BPMI membuat Surat Pengantar Pendaftaran Peserta BPJS Kesehatan yang ditandatangi oleh Kepala Biro Pengembangan Modal Insani kepada Kantor Yayasan untuk di tindaklanjuti ke Kantor BPJS Kesehatan mengacu pada periode cut off sebagai berikut:

*) Untuk mutasi masuk (anggota baru dan perpindahan dari peserta  perorangan, perusahaan ke Unpar) & mutasi keluar (resign) setiap tanggal 1 s.d 10 setiap bulannya.

Kantor Yayasan:

Berdasarkan surat dari Kepala Biro Pengembangan Modal Insani perihal Pendaftaran Peserta BPJS Kesehatan, Kantor Yayasan (PIC BPJS Kesehatan) akan melakukan pendaftaran, baik untuk peserta maupun tanggungan ke Kantor BPJS Kesehatan dengan mengacu pada periode cut off (melalui e-Dabu/pendaftaran di loket BPJS secara langsung).