Home / Prosedur Permohonan Surat Jaminan Manfaat Koordinasi (BPJS KESEHATAN)

Prosedur Permohonan Surat Jaminan Manfaat Koordinasi (BPJS KESEHATAN)

(klik gambar untuk memperbesar)

(unduh formulir permohonan COB ke BPMI di sini)

Berikut ini adalah tahapan yang harus dilakukan untuk Permohonan Surat Jaminan Manfaat Koordinasi (BPJS Kesehatan):

Unit Kerja:

  1. Pegawai yang bersangkutan mengisi Formulir Permohonan Surat Jaminan Manfaat Koordinasi (BPJS Kesehatan) yang ditujukan kepada Biro Pengembangan Modal Insani;
  • Pengajuan untuk pasangan pegawai yang sudah bekerja dan telah memiliki kartu BPJS Kesehatan dari UNPAR harus melampirkan Surat Pernyataan dari institusi tempatnya bekerja yang menerangkan bahwa tidak ditanggung fasilitas kesehatan apapun (surat asli dan cap basah);
  • Pengajuan pasangan pegawai yang tidak bekerja harus melampirkan surat pernyataan tidak bekerja;
  1. Pegawai menyiapkan Usulan sebanyak 2 lembar, serta melampirkan surat keterangan rawat inap dari rumah sakit;
  2. Pegawai yang bersangkutan menyerahkan Formulir Permohonan kepada bag. Kepegawaian unit kerja terkait;
  3. Kepegawaian unit kerja mengirimkan Form Permohonan asli beserta dokumen pendukung untuk dikirim ke Biro Pengembangan Modal Insani dan salinannya sebagai arsip di unit kerja masing-masing pegawai.

Biro Pengembangan Modal Insani:

  1. Biro Pengembangan Modal Insani menerima Form Permohonan dari bag. Kepegawaian unit kerja pegawai yang bersangkutan;
  2. Biro Pengembangan Modal Insani verifikasi data yang tertera dalam Form Permohonan dan disesuaikan dengan data yang terdapat di  Biro Pengembangan Modal Insani;
  3. Jika terdapat data yang tidak sesuai, Biro Pengembangan Modal Insani menghubungi pegawai yang bersangkutan untuk memberikan penjelasan/informasi bahwa Surat Jaminan Manfaat Koordinasi tidak dapat diterbitkan sehubungan dengan kasus/permasalahan masing-masing pegawai.
  4. Berkas yang telah diverifikasi kemudian dibuatkan Formulir Permohonan Surat Jaminan Koordinasi Manfaat yang ditujukan kepada Kepala Kantor Yayasan untuk diterbitkan Surat Jaminan;

Kantor Yayasan:

  1. Kantor Yayasan menerima Form Permohonan dari Biro Kepegawaian;
  2. Kantor Yayasan menerbitkan Surat Jaminan sesuai dengan data yang tertera dalam Form Permohonan;
  3. Surat Jaminan yang telah ditandatangani oleh Kepala Kantor Yayasan dikirimkan kepada RS. Mitra Yayasan Unpar sesuai dengan data yang tertera pada Formulir Permohonan Surat Jaminan Koordinasi Manfaat dari Biro Pengemabangan Modal Insani.