Home / Tentang Kami / Uraian Tugas

Uraian Tugas

Biro Pengembangan Modal Insani dipimpin oleh seorang Kepala Biro yang bertanggungjawab kepada Rektor, dibawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Modal Insani dan Kemahasiswaan.

Dalam pelaksanaan tugasnya Kepala Biro Pengembangan Modal Insani dibantu oleh:

  1. Kepala Bagian Pengadaan Pegawai,
  2. Kepala Bagian Pengembangan Pegawai,
  3. Kepala Bagian Kesejahteraan Pegawai,
  4. Kepala Bagian Tata Usaha.

1.  Tugas, tanggung jawab, dan wewenang Kepala Bagian Pengadaan Pegawai:

  • menyiapkan dan memastikan keabsahan dokumen untuk proses-proses pengembangan karir akademik dan struktural, termasuk pemberian penghargaan/remunerasinya;
  • memproses penerbitan surat keputusan mengajar dosen tidak tetap;
  • memproses administrasi kelebihan jam mengajar dosen tetap/kontrak;
  • melakukan pemuktahiran data kepegawaian melalui Sistem Informasi Kepegawaian;
  • mengusulkan materi aturan kepegawaian untuk disampaikan kepada Pengurus Yayasan;
  • memproses usulan kepegawaian untuk disampaikan kepada Pengurus Yayasan;
  • mengevaluasi dan melaporkan kegiatan rekrutmen dan penempatan pegawai kepada Kepala Biro Modal Insani.

2. Tugas dan wewenang Kepala Bagian Pengembangan Pegawai:

  • mengkoordinasikan proses pengajuan dan realisasi beasiswa APTIK/DIKTI atau pihak lainnya  bagi pegawai;
  • melaksanakan proses administrasi kegiatan studi lanjut dosen termasuk pemantauannya;
  • mengevaluasi dan mengembangkan sistem penilaian kinerja pegawai;
  • menganalisis penilaian kinerja pegawai dikaitkan dengan indikator kinerja utama masing-masing pegawai;
  • merancang kegiatan pembinaan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja pegawai;
  • mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan Universitas yang melibatkan pegawai;
  • mengusulkan kegiatan pengembangan dan peningkatan kapabilitaspegawai;
  • menyusun kalendar kegiatan pelatihan pegawai tingkat Universitas;
  • memproses usulan kenaikan jabatan fungsional dosen;
  • melaksanakan seluruh kegiatan pelatihan/diklat yang terangkum di RKA;
  • menyediakan dukungan administratif dan teknis pelaksanaan pembinaan dan tindakan disiplinpegawai;
  • mengevaluasi dan melaporkan kegiatan pengembangan pegawai kepada Kepala Biro Modal Insani.

3. Tugas dan wewenang Kepala Bagian Kesejahteraan Pegawai:

  • menyiapkan dan memvalidasi seluruh aspek administrasi terkait pengelolaan kesejahteraan pegawai;
  • memproses dan memvalidasi pencairan dana kegiatan yang dibiayai dari anggaran yang dipusatkan di Biro Modal Insani;
  • memvalidasi seluruh lembar pengantar dokumen data perolehan insentif untuk seluruh kegiatan studi lanjut, gaji pegawai, imbalan mengajar Dosen Luar Biasa (DLB), honor kelebihan jam mengajar, lembur, penggantian biaya berobat, pinjaman perumahan, pelatihan pegawai,dan insentif kehadiran pegawai;
  • memvalidasi pencatatan kehadiran pegawai untuk penghitungan insentif;
  • memproses realisasi pinjaman dana perumahan pegawai;
  • memproses pengajuan pensiun pegawai ke Yadapen serta pelaporan perubahan status dan susunan keluarga pegawai;
  • mengevaluasi dan melaporkan kegiatan kesejahteraan pegawai kepada Kepala Biro Modal Insani.

4. Tugas dan wewenang Kepala Bagian Kepala Bagian Tata Usaha:

  • melaksanakan kegiatan administratif di bidang kepegawaian, keuangan dan kegiatan administratif lain untuk mendukung kegiatan unit terkait;
  • melaksanakan proses administratif termasuk surat-menyurat internal dan eksternal untuk mendukung kegiatan bagian rekrutmen dan penempatan pegawai, pengembangan pegawai, dan bagian kesejahteraan pegawai;
  • mengelola dokumen kepegawaian, keuangan dan sarana prasarana dalam ruang lingkup unit kerja;
  • melakukan evaluasi dan melaporkan kegiatan tata usaha yang telah dilaksanakan kepada Kepala Biro Modal Insani.